SELAMAT DATANG DIBLOG SAYUTI FAIZ

Assalamu'alaikumu Wr. Wb

HIDUP AKAN INDAH BILA DILUMURI DENGAN AKHLAKULKARIMAH

Senin, 25 Agustus 2014

Daftar istilah khusus Internet

Daftar istilah khusus

Terkadang web bisa membingungkan dan kita semua pernah menemukan beberapa istilah yang sulit dipahami. Seperti virus. Atau alamat IP. Atau spyware. Kami telah menyusun daftar beberapa kata teknis umum dan menjelaskannya sesederhana dan seakurat yang kami mampu.

Browser

Ini adalah program di komputer yang Anda gunakan untuk mengunjungi situs web. Browser populer mencakup Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

DNS

Karena internet memiliki begitu banyak situs web dan alamat IP, browser Anda tidak otomatis tahu di mana masing-masing situs web dan alamat IP itu berada. Browser harus mencari satu-satu. Itulah gunanya DNS (Domain Name System - Sistem Nama Domain). DNS pada dasarnya adalah buku telepon untuk web. Bukan, DNS tidak menerjemahkan "John Doe" menjadi nomor telepon, tetapi DNS menerjemahkan URL, www.google.com, menjadi alamat IP, membawa Anda ke situs yang Anda cari.

Alamat IP

Setiap alamat web (misalnya, “www.google.com”) memiliki alamat angkanya sendiri yang disebut dengan alamat IP. Alamat IP terlihat seperti ini: 74.125.19.147. Alamat IP adalah rangkaian angka yang menentukan di mana komputer atau perangkat seluler tertentu ada di internet. Alamat IP agak mirip dengan nomor telepon: seperti halnya nomor telepon memberitahukan operator ke mana panggilan harus disampaikan, alamat IP memberi tahu komputer Anda cara menjangkau komputer lain di internet.

Perangkat lunak perusak

Perangkat lunak perusak adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengontrol dan merusak komputer atau perangkat seluler Anda.
Yang termasuk perangkat lunak perusak adalah:
  • Adware

    Perangkat lunak yang secara otomatis memutar, menayangkan, atau mengunduh iklan ke komputer.
  • Spyware

    Perangkat lunak yang mengumpulkan kepingan-kepingan informasi tentang pengguna tanpa sepengetahuan mereka.
  • Trojan horse

    Perangkat lunak yang bersifat merusak yang berpura-pura sebagai aplikasi yang bermanfaat. Perangkat lunak tersebut pada awalnya muncul untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, tetapi sebenarnya mencuri informasi atau merusak komputer maupun perangkat seluler Anda.
  • Virus

    Kepingan perangkat lunak komputer berbahaya yang dapat menginfeksi komputer dan file di komputer Anda.
  • Cacing

    Kepingan perangkat lunak berbahaya yang secara otomatis dapat menyebar sendiri ke komputer lain.

Phishing

Phising adalah jenis penipuan online yang terjadi ketika seseorang mencoba menipu korbannya untuk mengungkap informasi sensitif seperti sandi atau informasi kartu kredit. Phishing biasanya dilakukan melalui email, iklan, atau komunikasi lain seperti perpesanan instan. Misalnya, seseorang mungkin mencoba mengirim email kepada korban yang tampaknya berasal dari bank korban, yang menanyakan informasi pribadi.

Enkripsi SSL

Teknologi yang menyiapkan jalur komunikasi yang aman antar komputer. Jika situs web mendukung enkripsi SSL, data yang dikirimkan ke dan dari situs web tersebut harus dilindungi dari penyadap di internet.

Spam

Penyalahgunaan sistem perpesanan elektronik untuk mengirimkan pesan massal tanpa diminta ke semua orang.

Pengelola tugas atau pemantau aktivitas

Program di komputer Anda yang memberikan informasi tentang perangkat lunak yang saat ini dijalankan di komputer Anda. Anda dapat menghentikan proses dan program dalam pengelola tugas/pemantau aktivitas, yang bisa jadi penting tetapi Anda tidak dapat menutup browser atau situs web Anda. Untuk mengaksesnya, coba telusuri “pemantau aktivitas” atau “pengelola tugas” di komputer Anda.

URL

URL adalah alamat web yang Anda ketikkan ke browser untuk menjangkau situs web. Setiap situs web memiliki URL. Misalnya, URL www.google.com akan membawa Anda ke situs web Google.

WPA2

Teknologi keamanan yang melindungi jaringan WI-Fi Anda dengan mengenkripsi lalu lintas di jaringan Anda. Ini juga akan menyulitkan pengguna tanpa izin untuk mengakses jaringan Anda.

Tenang Rasanya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar